Saturday 12 September 2015

KEWAJIBAN MENGIKUTI SUNNAH NABI


KEWAJIBAN MENGIKUTI SUNNAH NABI Shallallahu Alaihi Wasallam SAMPAI MATI (*)
Ust. Muhammad Wasitho MA
 
Bismillah. Mengikuti Sunnah Nabi shallallahu alaihi wassalam adalah suatu kewajiban atas setiap muslim dan muslimah yg ingin hidup selamat dan bahagia di dunia dan akhirat.
Yang dimaksudkan dgn Sunnah Nabi ialah petunjuk n tuntunan yang datang dari Nabi kpd kita dgn jalan periwayatan yg shohih (valid n otentik), baik dlm hal aqidah, ibadah, mu'amalah, akhlak & adab, maupun selainnya.
» Allah ta'ala berfirman: “Katakanlah (wahai Rasulullah): “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, maka ikutilah aku (ikutilah tuntunan n petunjukku), niscaya Allah akan mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu”, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS. Ali ‘Imran: 31)
» Diriwayatkan dari Abu Muhammad Abdullah bin Amr bin Al-Ash radhiallahu ‘anhuma, beliau berkata: Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah beriman salah seorang di antara kalian sampai hawa nafsunya mengikuti apa yg aku bawa.” (Riwayat Ibnu Abi Hashim dalam As-Sunnah, dan imam An-Nawawi dalam Hadits Arab’in).
» ‘Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu anhu berkata: “Hendaklah kalian mengikuti (Sunnah Nabi) dan janganlah kalian berbuat bid’ah. Sungguh kalian telah dicukupi dengan Islam ini, dan setiap bid’ah adalah sesat.” (Riwayat ad-Darimi, al-Lalika-i n selainnya).
»4. Al-Auza’i rahimahullah berkata: “Bersabarlah dirimu di atas As-Sunnah, tetaplah tegak di atasnya sebagaimana para Sahabat tegak di atasnya. Katakanlah sebagaimana yang mereka katakan, tahanlah dirimu dari apa2 yg mereka menahan diri darinya. Dan ikutilah jalan As-Salafush Sholih, karena ia (Sunnah Nabi) akan mencukupimu sebagaimana ia telah mencukupi mereka.” (Lihat Syarah Ushuul I’tiqaad Ahlis Sunnah wal Jamaa’ah I/174 no. 315).
(*) Selengkapnya bisa dibaca di Blog Dakwah Sunnah berikut ini, KLIK:Http://abufawaz.wordpress.com

No comments:

Post a Comment